• Post category:Info

Anda sering menggunakan jasa ekspedisi Surabaya, Jakarta atau kota-kota besar lainnya? Berkirim barang saat ini dilakukan hampir oleh semua orang. Keperluannya tentu bermacam-macam, seperti untuk keperluan kantor, memberi hadiah ke saudara dan teman, ataupun sebagai mata pencaharian kita di bisnis online.

Sebagai pengirim, apakah yang ada lakukan untuk menjaga barang anda utuh sampai ke tujuan? Betul, tentunya dengan cara packing yang baik. Karena tentunya, keamanan bukan hanya tanggung jawab perusahaan ekspedisi Surabaya semata.

ekspedisi surabaya

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas bahan-bahan yang dapat digunakan untuk packing beserta peruntukannya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu bahan yang cukup popular digunakan yaitu bubble wrap.

Apa itu Bubble Wrap

Bubble Wrap dalam bahasa Indonesia disebut juga sebagai pembungkus gelembung. Sesuai namanya, pembungkus yang satu ini memiliki banyak gelembung udara di permukaannya. Fungsi dari gelembung ini tak lain adalah sebagai peredam benturan yang mungkin terjadi selama proses pengiriman berlangusng.

Bubble wrap, bersumber dari Wikipedia, sebenarnya adalah merek dagang dari perusahaan bernama Sealed Air Corporation. Bubble wrap diciptakan pada tahun 1957 oleh dua orang penemu bernama Alfred Fielding and Marc Chavannes. Hingga kinipun,bubble wrap masih menjadi merk dagang dari perusahaan tersebut.

Penemuan ini awalnya tidak disengaja. Mereka sedang berusaha untuk menciptakan wallpaper (kertas pelapis dinding) tiga dimensi. Namun yang tercipta malah bubble wrap seperti sekarang. Untungnya mereka menyadari bahwa penemuan yang tidak sengaja tersebut sangat berguna untuk digunakan sebagai material pelindung packing.

Selain untuk pembungkus, banyak orang yang suka memecahkan gelembung bubble wrap. Ini karena ada sensasi dan suara unik saat gelembungnya meletus. Karena itu, bubble wrap juga dijadikan mainan, game online, bahkan alat terapi stress.

Bahan Pembuatan Bubble Wrap

Bubble wrap terbuat dari plastik polyethylene (LDPE). Plastik tersebut terdiri dari dua lapis. Lapisan pertama berupa lapisan plastik datar. Lapisan kedua berupa lapisan yang bergelombang. Kedua lapisan tersebut kemudian disatukan sedemikian rupa sehingga terperangkaplah angin di antara lapisan yang bergelombang.

Bubble wrap memiliki berbagai ukuran diameter gelembung. Yang paling kecil berukuran 6mm, hingga yang paling besar berukuran 26mm. Perbedaan diameter ini tentunya disesuaikan dengan barang yang dipack.

Bahan Pelindung Barang

Bubble wrap adalah bahan pembungkus yang sangat penting untuk melindungi barang-barang yang mudah pecah saat dalam proses pengiriman oleh perusahaan ekspedisi Surabaya. Gunakan bubble wrap untuk barang-barang yang terbuat dari kaca, keramik, ataupun barang lain yang mudah pecah jika terbentur dan terguncang.

Pemakaiannya yang paling tepat adalah dengan membalutkannya beberapa kali. Hal ini untuk memaksimalkan daya redam dari bubble wrap. Semakin tebal, akan semakin baik dalam menahan benturan. Namun begitu, tetap gunakan bubble wrap seperlunya karena bubble wrap cukup mahal dibanding pembungkus yang lain.

Itulah tadi sekilas tentang bubble wrap. Packing yang aman, salah satunya dengan menggunakan bubble wrap memang salah satu hal yang sangat penting agar barang anda selamat samapi tujuan. Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah memilih jasa ekspedisi Surabaya yang terpercaya.

ALK Logistik yang berpusat di Surabaya menawarkan jasa ekspedisi Surabaya dan kota-kota lain di seluruh Indonesia dengan layanan yang dapat diandalkan. Dengan sumber daya manusia yang terlatih dan profesional, barang anda akan sampai di tujuan dengan aman.

Percayakan ALK Logistik untuk segala kegiatan logistik, pindahan, dan jasa ekspedisi Surabaya anda.