• Post category:Info

Indonesia merupakan salah satu Negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Dengan kondisi tersebut, menjadikan banyak sekali pantai di Indonesia. Indonesia termasuk juga kedalam Negara kepulauan. Terdiri dari hampir 18 ribu pulau dengan keanekaragaman masyarakatnya yang unik dan khas. Indonesia juga menjadi salah satu Negara dengan wilayah laut yang cukup luas. Hal ini juga berdampak positif dengan meningkatnya pendapatan Negara dari kawasan perairan. Mengingat fakta – fakta wilayah perairan Indonesia yang cukup luas, mendorong pemerintah untuk membangun dermaga – dermaga dan pelabuhan di seluruh wilayah Indonesia.

Apalagi pada program kerja pemerintah Indonesia pada periode ini, ditahun 2014 – 2019 Indonesia memulai pembangunan tol laut. Proyek ini bertujuan untuk menyambungkan beberapa pelabuhan besar dengan membangun pos – pos dermaga kecil untuk menghemat biaya transportasi pengangkutan barang – barang logistic. Di Indonesia sudah lama menjadi rahasai umum apabila pengiriman ke suatu wilayah di Timur cukup memakan banyak biaya. Disitulah fungsi pelabuhan dimaksimalkan. Pelabuhan memegang peran penting bagi nelayan dan kemajuan perekonomian Negara.

fungsi pelabuhan

Pengertian Pelabuhan

Pelabuhan ialah sebuah tempat atau fasilitas yang dibangun ditepi pantai, sungai, atau danau yang pada umumnya digunakan untuk tempat bersandar kapal – kapal yang melakukan bongkar muat kargo atau menaikan dan menurunkan penumpang. Pelabuhan yang digunakan untuk bongkar muat kargo biasanya dilengkapi dengan beberapa perlengkapan khusus untuk melakukan fungsinya. Ketersediaan wilayah laut yang luas, membuat Indonesia memiliki beberapa pelabuhan dengan tingkat keramaian yang tinggi, utamanya untuk pelabuhan bongkar muat. Secara umum, pelabuhan dapat juga disebut sebagai terminal untuk bus apabila berada di darat. Pelabuhan memiliki berbagai macam fasilitas yang mana dapat mendukung fungsi pelabuhan itu sendiri agar berjalan maksimal. Fasilitas tersebut diantaranya alur pelayaran, gudang penyimpanan, gedung terminal penumpang, tambatan dan beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti lahan parkir kendaraan darat dan kantor pelayanan.

Dengan pengertian diatas, fungsi pelabuhan dapat dibagi menjadi empat fungsi yaitu:

  1. Gateway / pintu gerbang
  2. Link / mata rantai
  3. Interface / antar muka
  4. Industrial Entity

Mari kita masuk kedalam penjelasan fungsi – fungsi dari pelabuhan

  • Gateway, fungsi pelabuhan sebagai gerbang dan pintu masuk kapal yang mengangkut penumpang maupun barang. Juga sebagai titik awal pemberangkatan kapal – kapal yang akan keluar dari dermaga. Fungsi pelabuhan disini sebagai pintu gerbang menuntut setiap aktivitas keluar masuk kapal harus melalui prosedur kepabeanan dan kekarantinaan. Hal ini dilakukan agar barang – barang yang masuk sesuai aturan dan lewat jalur resmi, bukan jalur “belakang”.
  • Link, fungsi pelabuhan sebagai mata rantai pergerakan logistic antar moda tranportasi pengangkutan. disini fungsi pelabuhan menjadi lokasi dimana barang – barang berpindah dari transportasi laut menuju darat dan juga sebaliknya. Perpindahan logistic ini tetap memperhatikan aturan – aturan kepabeanan dengan pelaksanaan secara efektif dan efisien. Tiga unsur penting dalam fungsi pelabuhan sebagai Link ialah
    • Menyalurkan serta memindahkan logistic yang awalnya diangkut menggunakan kapal laut menuju kendaraan pengangkutan di darat.
    • Meminimalkan delay atau keterlambatan dalam perpindahan dan penyaluran barang.
    • Efisien dalam waktu serta biaya.
  • Interface, fungsi pelabuhan sebagai tempat vital area distribusi. Sebagai area vital, mengharuskan setiap alur suatu barang melewati pelabuhan sebanyak dua kali, yaitu saat proses muat barang serta saat proses pembongkaran barang di dermaga. Karena fungsi pelabuhan tersebut, pelabuhan besar selalu dilengkapi berbagai fasilitas serta perlengkapan penunjang agar dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Utamanya fasilitas perpindahan barang dari satu kendaraan menuju kendaraan lainya, seperti dari truk container dipindahkan menuju kapal laut dan atau sebaliknya.
  • Industry Entity, dalam praktiknya penyelenggaraan pelabuhan secara baik dan sesuai aturan dapat menjadikan pelabuhan menjadi salah satu pusat industry sesuai dengan fungsi pelabuhan. Dengan berkembangnya pengelolaan pelabuhan disalah satu wilayah, dapat mengangkat perekonomian masyarakat sekitar pelabuhan. Beberapa dampak positifnya adalah tumbuh perusahaan pelayanan pelayaran yang bergerak di bidang keagenan, pergudangan, trucking dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan dan ulasan tentang fungsi pelabuhan yang utama. Di Indonesia sendiri banyak pelabuhan – pelabuhan besar yang sering digunakan sebagai terminal ekspor. Diantaranya ialah Tanjung Priok, Dumai, Tanjung Perak, Bontang, Belawan, Samarinda, Tanjung Mas, Banjarmasin, Kotabaru, dan Batu Ampar. Dengan terdapat 10 pelabuhan besar, Indonesia menjadi salah satu Negara tersibuk dari sector pelabuhan. Kemajuan teknologi dan industry menambah berbagai fungsi pelabuhan. Apabila anda ingin melakukan pengiriman barang antar pulau, sekarang sudah cukup banyak tersedia jasa pengiriman antar wilayah untuk tujuan seluruh Indonesia, salah satunya adalah Jasa Pengiriman Surabaya.

Jasa pengiriman Surabaya melayani berbagai macam pengiriman dengan berbagai macam tujuan untuk dalam negeri maupun internasional, dengan tetap menjaga kualitas barang yang dikirim. Jangan khawatir, kami akan mengirim barang anda sesuai dengan durasi waktu yang tepat. Sebagai tambahan, kami juga menyediakan opsi pengiriman kargo untuk anda apabila anda ingin memiliki keamanan ekstra untuk barang anda. Tunggu apalagi, kirimkan barang anda segera melalui Jasa Pengiriman Surabaya. Terimakasih sudah membaca tulisan ini, semoga bermanfaat untuk anda. Have a nice day.