• Post category:Info

Saat ini dengan semakin maju dan berkembangnya kegiatan bisnis terutama bisnis daring, kita makin akrab dengan istilah perusahaan ekspedisi. Apalagi di kota-kota besar, sangat mudah kita temukan di kantor-kantor perusahaan ekspedisi di jalan-jalan utama, seperti ekspedisi Surabaya, ekspedisi Jakarta, dan kota-kota besar lainya.

Ekspedisi yang dilakukan pun bisa melalui berbagai jalur, baik darat, laut, maupun udara. Yang paling familiar dengan kebanyakan orang tentu adalah ekspedisi lewat jalur darat. Hampir setiap hari dapat dengan mudah kita temukan berbagai kendaraan berlogo perusahaan ekspedisi Surabaya dan kota lainnya dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Sudah tahukah anda jenis-jenis kendaraan yang digunakan dalam dunia jasa ekspedisi?

Secara umum, kendaraan yang umum digunakan untuk jasa ekspedisi dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu kendaraan kecil dan kendaraan besar. Artikel ini akan membahas secara terperinci kendaraan kecil yang digunakan untuk ekspedisi Surabaya dan di kota lainnya. Sedangkan penjelasan mengenai kendaraan besar akan dijelaskan secara terpisah.

Yang termasuk kedalam kendaraan ekspedisi kecil adalah minibus dan juga pick-up. Pick-up sering juga disebut sebagai bak terbuka atau losbak. Minibus untuk ekspedisi Surabaya dan kota lainnya yang umum kita temui adalah Daihatsu Grand Max.

Minibus/Van

ekspedisi surabaya

Minibus atau van yang digunakan untuk jasa ekspedisi yang umum kta temui adalah Daihatsu Grand Max tipe Blind Van (Hanya kaca jendela depan yang tembus pendang, sedangkan kaca jendela tengah dan belakang dicat). Kendaraan ini memiliki dimensi 1 CBM dengan berat barang yang diangkut maksimal 1 ton.

Van biasa digunakan untuk pengiriman barang-barang dengan dimensi yang tidak besar berbobot ringan. Contohnya adalah pengiriman dokumen, peralatan rumah tangga, elektronik, dan barang kecil dan ringan lainnya.

Pick-up Bak

Pick-up bak yang umum kita temui adalah Mitsubishi Colt tipe L-300. Pabrikan lainnya yang banyak ditemui seperti Grand Max pick-up, Suzuki carry, dsb. Dengan dimensi 6 CBM, kendaraan ini mampu mengangkut beban maksimal 1,5 ton. Kendaraan ini sangat populer karena dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan pengangkutan. Mulai dari peralatan untuk storing hingga hewan ternak umum menggunakan kendaraan jenis ini.

Pick-up Box

Hampir mirip dengan pick-up bak, kendaraan ini juga sangat umum digunakan di dunia ekspedisi. Bedanya adalah jika pick up bak menggunakan bak terbuka, jenis ini menggunakan box tertutup sebagai media angkutannya. Kapasitasnya volume dan tonasenya biasanya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan bak terbuka.

Pick-up jenis ini umum digunakan untuk mengangkut barang-barang yang harus tertutup sehingga terhindar dari panas matahari langsung ataupun guyuran hujan.

Pick-up Reefer

Pick-up Reefer mirip dengan picku-up box, dengan kapasitas tonase dan juga volume yang hampir sama. Bedanya, pick-up jenis ini menggunakan pendingin. Suhu maksimal yang bisa diberikan oleh pick-up jenis ini di kisaran -20 derajat celcius.

Karena itu, jenis ini biasanya digunakan untuk mengangkut bahan makanan yang perlu suhu dingin seperti daging dan makanan kemasan beku.

Setelah membaca pemaparan tadi mengenai pick-up tadi, adakah yang sesuai dengan kebutuhan anda? ALK Logistik menyewakan berbagai jenis armada termasuk pick-up yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan pengiriman, pindahan, dan ekspedisi Surabaya anda.

Dengan pengemudi yang andal, berpengalaman, serta sesuai standar mengemudi yang ditetapkan kepolisian Republik Indonesia, ALK Logistik menawarkan jasa logistik yang terpercaya.

Jadi, jangan ragu lagi, segera kontak kami untuk mendapatakan pelayanan logistik dan jasa ekspedisi Surabaya yang handal dan terpercaya.