• Post category:Info

Kegiatan berkirim barang saat ini sudah menjadi hal yang sangat lumrah dilakukan oleh masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di kota besar.  Terlebih bagi pelaku bisnis online, tentunya sudah sangat akrab dengan jasa pengiriman Surabaya dan kota-kota besar lainnya yang mudah kita temui di lingkungan kita.

Ada satu hal yang sangat penting yang tidak bisa kita abaikan saat melakukan pengiriman. Tanpa satu hal ini, keselamatan barang yang kita kirimkan mungkin tidak terjamin. Apakah satu hal tersebut?

Ya, itulah packing atau kemasan dalam bahasa Indonesia. Packing adalah pembungkus yang kita gunakan ketika melakukan pengiriman. Bentuk dan bahan yang digunakan dalam packing berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan isi dari barang yang dikirim.

Karena begitu pentingnya packing, maka hal ini tidak boleh luput dari perhatian kita ketika melakukan pengiriman. Perusahaan jasa pengiriman Surabaya dan kota lainnya umumnya tidak mau bertanggung jawab dengan kerusakan akibat kesalahan packing oleh customer.

Perlu diketahui, dalam proses pengiriman, banyaknya barang yang dikirim membuat petugas jasa pengiriman Surabaya tidak akan fokus satu persatu dengan barang kita. Padahal, barang kita akan berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya.

Terguncang, terjatuh, dan terbentur adalah hal yang sangat mungkin terjadi dalam perjalanan barang kita sampai ke tangan penerima. Ditambah lagi, adanya kemungkinan oknum tak bertanggung jawab yang kadang memperlakukan barang customer seenaknya.

Disamping itu, demi efisiensi ruang, setiap barang pasti ditumpuk agar memaksimalkan ruang yang ada. Ada juga kemungkinan terkena hujan mengingat barang berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan tak jarang barang kita melewati tempat yang tidak beratap saat perpindahannya.

Karena itu, sudah selayaknya packing menjadi perhatian kita. Lalu, apa sajakah hal yang perlu diperhatikan dalam mem-packing-barang? Simak hal-hal berikut.

Isi kiriman

jasa pengiriman surabaya

Kenali apa yang anda kirim. Tiap barang punya ketahanan terhadap guncangan dan benturan yang berbeda-beda. Mengetahui ketahanannya akan membuat anda dapat memilih packingan yang tepat.

Contoh ekstremnya, jangan sampai anda mengirim lampu hias namun hanya mempackingnya menggunakan kantong plastik. Pastilah pecah! Atau, anda mengirimkan kaos kaki tapi menggunakan packing kayu. Betul, memang akan sangat aman namun itu sangat berlebihan dan buang-buang uang!

Bahan pembungkus

ekspedisi surabaya

Pilihlah bahan pembungkus yang sesuai dengan ketahanan barang anda. Tiap pembungkus tentu memiliki cost/biaya tersendiri. Memilih bungkus yang cocok tentu akan membuat barang anda aman dengan tetap efisien biaya.

Contohnya, cukup gunakan map dengan perekat untuk mengirimkan dokumen agar tidak tercecer. Contoh lainnya, gunakan kardus agak tebal untuk mengirimkan mainan anak dari plastik agar tidak penyok.

Pengaman didalam bungkus

Gunakan pengaman tambahan dalam mempacking barang demi mencegah kerusakan pada barang yang dikirim. Contoh pengaman adalah buble wrap, kardus bergelombang, atau potongan-potongan kertas. Pengaman tambahan ini akan melindungi barnag dari benturan dan guncangan.

Sesuaikan jenis pengaman dengan barang yang kita kirim. Contohnya adalah, ketika mengirim jam dinding, pastikan sebelum dipacking kardus atau bahkan kayu, kita juga membungkusnya dengan buble wrap.

Jujur pada petugas

Usahakan juga anda terbuka dan jujur pada petugas jasa pengiriman Surabaya dan jasa pengiriman dimanapun dalam memberikan keterangan terkait barang anda. Hal ini agar barang anda dikelompokkan dengan barang-barang sejenis. Barang yang udah pecah dengan yang mudah pecah, barang yang aman-dengan barang yang aman.

Disamping packing, yang lebih penting adalah anda mempercayakan barang anda ke jasa pengiriman Surabaya yang terpercaya. ALK Logistik yang berpusat di Surabaya ini menawarkan jasa pengiriman Surabaya dan kota-kota lain di seluruh Indonesia dengan layanan yang dapat diandalkan. Dengan sumber daya manusia yang terlatih dan profesional, barang anda akan sampai di tujuan dengan aman.

Itu tadi hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mempacking barang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membuat anda lebih berhati-hati dalam mempacking barang anda.