• Post category:Wawasan

Salah satu jenis pengiriman yang sering digunakan untuk pengiriman barang dengan muatan-muatan yang besar, menjangkau seluruh pulau serta memiliki harga yang murah adalah pengiriman via laut. Untuk melakukan pengiriman barang melalui jalur laut, moda transportasi yang sering digunakan ialah kapal Cargo. Nah, kali ini tim ALK Logistik Surabaya akan berbagi informasi menarik tentang jenis-jenis kapal cargo. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Container Vessels

Jenis kapal kargo yang pertama adalah container vessels. Kapal kargo jenis ini seringkali terlihat digunakan untuk melakukan pengangkutan peti kemas yang memiliki ukuran mulai dari 20, 40, hingga 45 kaki. Terdapat kapasitas yang berbeda-beda pada container vessels ini. Kapasitasnya dimulai dari sekitar 85 teus (twenty equivalent unit) hingga mencapai lebih dari 15.000 teus.

Breakbulk Vessels

Selanjutnya yang kedua ada breakbulk vessels. Kapal yang satu ini seringkali disebut sebagai kapal curah. Penyebutan itu tidak lain dan tidak bukan karena kapal jenis ini mampu menganggut beragam jenis kargo. Kargo yang di angkut mulai dari palletized cargo contohnya adalah bahan kimia dan cat. Selain itu, kapal jenis ini juga mampu mengangkut bagged cargo contohnya gula dan semen, mengangkut kayu, dan lain sebagainya.

Ro-Ro Vessels (Kapal Roro)

Yang ketiga, ada kapal kargo dengan jenis Ro-Ro Vessels atau kapal Roro. Kapal jenis ini memiliki muatan yang cukup besar dan berat. Muatan dari kapal jenis ini adalah berupa kargo yang beroda seperti mobil, motor, bus, truk hingga exacavator. Kapal Ro-Ro ini ternyata masih bisa diklasifikasikan lagi menjadi dua yaitu PCTC (Pure Car and Truck Carriers) serta yang satu lagi ada PCC (Pure Car Carriers).

Multi-purpose Vessels

Jenis kapal kargo multi-purpose vessels biasanya berfungsi untuk mengangkut berbagai macam kombinasi kargo. Bisa dikatakan bahwa kapal jenis ini merupakan kapal serbaguna. Untuk melakukan perjalanan ke rute-rute yang tidak memiliki fasilitas penanganan tepi pantai, seringkali kapal ini-lah yang menjadi pilihan moda transportasi yang paling tepat.

Tanker Vessels

Kapal kargo berikutnya adalah kapal tangker atau tanker vessels. Sesuai namanya, jenis kapal kargo yang saat ini di desain khusus untuk melakukan pengangkutan kargo berbahan cair. Contoh kargo yang di angkut adalah bahan kimia serta minyak bumi.

LNG Carriers (Kapal Pengangkut Bahan Gas Cair)

Jenis kapal kargo yang selanjutnya adalah LNG Carriers. Kapal jenis ini di sebut sebagai kapal pengangkut bahan gas cair. Biasanya memang jenis kapal kargo yang satu ini memiliki peranan khusus yaitu untuk melakukan pengangkutan gas alam cair atau liquid natural gas.

Crude Carriers (Kapal Pembawa Bahan Mentah)

Kebutuhan minyak biasanya tidak hanya terjadi di suatu daerah saja melainkan menyebar ke seluruh pelosok dunia. Oleh karena itu, terdapat pula kapal yang digunakan untuk mengangkut minyak mentah. Kapal kargo tersebut di beri nama crude carriers atau kapal pembawa bahan mentah. Kapal jenis ini juga bisa terbagi menjaddi dua yaitu VLCC atau Very Large Crude Carriers dan yang satu lagi adalah ULCC atau Ultra Large Crude Carries.

Reefer Vessels

Jenis kapal kargo yang terakhir adalah reefer vessels. Kapal kargo ini biasa mengangkut kargo-kargo yang bersifat beku atau kargo yang membutuhkan pengendalian suhu. Contoh kargo yang di angkut ialah seperti daging, ikan, buah-buahan hingga sayuran.

Itulah informasi seputar jenis-jenis kapal kargo berdasarkan muatannya yang bisa Tim ALK Logistik Surabaya. Semoga bermanfaat.