• Post category:Info

Kontainer atau peti kemas ialah suatu barang yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan ekspor dan impor. Tujuan dari adanya kontainer sendiri ialah untuk memudahkan proses perpindahan barang yang menggunakan berbagai jenis alat transportasi seperti pesawat, kapal, kereta api ataupun truk. Kontainer biasanya dapat di pakai berulang kali karena terbuat dari bahan yang kokoh sehingga bisa ditumpuk penyimpanannya. International Organization for Standardization telah menetapkan ukuran khusus di kontainer dimana tujuan dari standarisasi ini adalah untuk meminimalisir adanya perbedaan di tiap negara. Berikut ini tim ALK Logistik Surabaya akan berbagi informasi menarik seputar jenis container berdasarkan ukurannya. Yuk, simak ulasan berikut!

Jenis Kontainer Berdasarkan Ukuran

Bahan baku yang menjadi bahan utama dalam pembuatan kontainer adalah bahan yang kuat dan kokoh. Itulah mengapa pembuatan kontainer selalu menggunakan alumunium dan baja. Kontainer yang paling umum ialah jenis dry container standard atau general purposes container. Jenis kontainer tersebut sangat umum menggunakan bahan alumunium serta baja. Nah berikut ini merupakan ukuran kontainer yang sering digunakan dari ALK Logistik Surabaya:

1.    Container 20 ft

Ukuran kontainer pertama yang sering digunakan ialah kontainer ukuran 20 ft. Ukuran ini adalah ukuran standar ISO yang paling banyak di temui hingga saat ini terutama dalam pengiriman via laut. Adapun ukuran luarnya kontainer ukuran ini memiliki dimensi panjang 20 ft dengan lebar 8 ft dan tinggi 8,6 ft. Jika di konversi dalam ukuran metric, kontainer ini memiliki panjang kurang lebih 6,06 m, dengan lebar 2,44 m serta tinggi 2,56 m.

Untuk ukuran dalamnya, panjang kontainer ialah 5,92 m, dengan lebar 2,34 m dan tinggi 2,38 m. Ukuran tersebut tentu dapat menjadi acuan perhitungan yang menghasilkan ukuran dimensi yang bisa masuk ke dalam jenis kontainer ini ialah 33 cubic meter. Adapun kapasitas bersihnya ialah sekitar 22,1 ton.

2.    Container 40 ft

Kontainer kedua ialah kontainer berukuran 40 ft. Jika sebelumnya ada kontainer dengan ukuran 20 ft maka jenis kontainer 40 ft ini memiliki ukuran dua kali lipat dari ukuran kontainer 20 ft. Namun, harga penyewaannya tidak 100% lebih mahal dari yang ukuran 20 ft, karena pada kenyataannya harga sewanya hanya lebih mahal sekitar 20% saja.

Ukuran luar dari kontainer ini ialah panjang 40 ft, lebar 8 ft dan tinggi 8,6 ft. Sehingga, jika di konversi dengan ukuran metric hasilnya adalah panjang 12,19 m, lebar 2,44 m serta tinggi 2,56 m. Sedangkan untuk ukurannya yang di bagian dalam adalah panjang 12,4 m, lebar 2,44 m serta tinggi 2,28 m. Dari data tersebut dapat kita ketahui bahwa dimensi barang yang bisa masuk ialah sekitar 67,3 kubik meter atau jika dengan berat ialah sekitar 27,396 ton.

3.    Container 40 ft High Cube

Sesuai namanya, kontainer ini memiliki ukuran yang sedikit lebih tinggi dari ukuran kontainer sebelumnya. Adapun ukuran dimensinya ialah panjang 40 ft, dengan lebar 8 ft dan tingginya 9,6 ft. Jika di konversi menjadi ukuran metric maka akan menemui hasil panjang 12,19 m, lebar 2,44 m serta tingginya 2,59 m. Sedangkan untuk ukuran dalamnya ialah panjang 12,4 m, lebar 2,31 m serta tinggi mencapai 2,68 m. Berdasarkan ukuran tersebut maka dapat kita ketahui bahwa kapasitas volume kontainer jenis ini ialah sekitar 76 kubik meter dengan berat 29,6 ton.

Dalam proses bongkar muat container, terdapat satuan standar khusus yang disebut TEU atau twenty foot equivalent unit. Ukuran ini berfungsi dalam bongkar muat kapal ataupun terminal. Berdasarkan satuan ini, maka ukuran container ialah 20 ft. Sehingga pengukuran 1 kontainer 20 ft ialah 1 TEU sedangkan untuk kontainer dengan ukuran 40 ft adalah 2 TEU. Itulah informasi mengenai Jenis Kontainer Untuk Pengiriman yang bisa diberikan oleh ALK Logistik Surabaya. Bagi anda warga Surabaya yang membutuhkan layanan ekspedisi anda dapat menggunakan jasa dari ALK Logistik Surabaya.