• Post category:Info

Jika anda berbicara mengenai jasa pengiriman barang pasti tak akan terlepas dari sebutan logistik. Lantas sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan kata logistik? Kata Logistik adalah sebuah kata yang memiliki rekam jejak riwayat yang panjang. Dalam Perjalanan sejarahnya, untuk pemenuhan kebutuhan dunia kemiliteran saat bertempur di peperangan istilah ini menjadi sebuah konsep yang di kemudian hari berevolusi dan lebih erat dengan dunia bisnis sebuah perusahaan. Kata logistik berasal dari Bahasa Yunani logos yang berarti “rasio, kata, kalkulasi, alasan, pembicaraan, orasi”.

Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia, Logistik merupakan pengadaan, perawatan, distribusi, dan penyediaan (untuk mengganti) perlengkapan, perbekalan, dan ketenagaan; segi ilmu kemiliteran mengenai pengadaan, perawatan, dan transportasi peralatan, pembekalan, dan pasukan; segala persiapan dan tindakan yang diperlukan untuk memperlengkapi pasukan dengan alat dan perbekalan agar dpt bertempur dalam kondisi yang paling baik dan menguntungkan;  penanganan seluk-beluk operasi militeran

Definisi logistik secara umum adalah suatu ilmu pengetahuan atau ilmu seni dalam melakukan kegiatan penyimpanan, pemeliharaan dan penyaluran, serta penghapusan beberapa barang atau alat tertentu. Beberapa ahli juga ada yang mengatakan bahwa definisi logistik adalah suatu rangkaian upaya yang mencakup efektivitas perencanaan, implementasi, sampai pengawasan atas suatu proses perpindahan produk barang atau jasa, energi, atau sumber daya lain, dari mulai titik awal hingga titik pengguna.

Berdasarkan penjelasan definisi logistik di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa logistik merupakan serangkaian proses yang meliputi kegiatan perencanaan, implementasi, hingga pengawasan terhadap suatu proses perpindahan, baik itu barang/ jasa, energi, atau sumber daya lainnya, dari titik awal menuju titik penggunaan. Dari penjelasan arti logistik tersebut dapat disimpulkan bahwa logistik adalah bagian dari ilmu manajemen dimana rangkaian kegiatannya saling berhubungan dan dilakukan secara bertahap, serta bertujuan untuk mengelola dan memelihara barang atau perlengkapan tertentu.

Apa tujuan Logisitik?

Seluruh aktivitas logistik dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu, yaitu demi tersedianya suatu produk barang yang tepat waktu dan hingga di lokasi yang tepat. Sehingga, ada beberapa serangkaian kegiatan logistik yang harus dilakukan perusahaan, yaitu pengadaan barang, kegiatan produksi, dan distribusi.

definisi logistik

Dalam prosesnya, aktivitas logistik mempunyai standar performa tertentu yang harus diraih. Adapun tingkatan kinerja yang harus diraih dalam kegiatan logistik adalah lahirnya keseimbangan antara kualitas pelayanan yang diinginkan oleh pelanggan dengan seluruh biaya yang dikeluarkan demi menyentuh tujuan akhir perusahaan. Terdapat dua faktor utama dalam menentukan tingkat kinerja logistik. Pertama  faktor pelayanan, yaitu suatu tingkat pelayanan yang dihadirkan perusahaan pada konsumennya. Kedua faktor biaya, yaitu besarnya nominal biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menghadirkan pelayanan yang baik pada konsumennya.

Lantas apa peran logistik dalam dunia pengiriman barang?

Perusahaan logistik salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman barang atau produk untuk dikirimkan ke tempat tujuan dengan tetap mempertahankan kualitas barang atau produk tersebut. Hal ini membuat perusahaan logistik akan lebih detail dalam menawarkan harga atas jasa yang diberikan. Sesuai dengan definisi dan tujuan logistik, ada beberapa peran penting logistik dalam suatu bisnis terutama pada dunia layanan jasa pengiriman barang, diantaranya :

  • Berorientasi Pada Pemasaran

Logistik memiliki peranan yang penting dalam memuaskan pelanggan, untuk itu tim logistik memiliki peran yang penting dalam upaya pemasaran. Selain itu, logistik juga memiliki kunci yang penting untuk mencapai profit atau keuntungan untuk perusahaan terutama di bidang jasa logistik.

  • Memberikan Nilai Tambah

Pihak perusahaan harus terus berusaha untuk meningkatkan kualitas produknya, sehingga bisa mendapatkan konsumen yang sangat setia pada produknya. Nah, sistem logistik yang bagus ini akan mampu memberikan nilai tambah kepada konsumen dalam hal utilitas tempat dan waktu. Dalam hal ini, arti dari utilitas adalah suatu nilai yang ditambahkan atau dibentuk pada produk dengan membuat produk tersebut agar selalu tersedia untuk pembeli atau pelanggan. Sedangkan utilitas waktu adalah suatu nilai yang diperoleh dengan membuat suatu produk yang bisa diterima dalam waktu yang tepat.

  • Perpindahan Produk Secara Efisien

Sistem logistik yang baik terbukti mampu menciptakan proses pemasokan produk yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, serta dalam kondisi yang tepat dan biaya yang lebih bersahabat agar pelanggan bisa mendapatkan manfaat dari produk tersebut.

Nah demikian sedikit penjelasan mengenai apa istilah logistik, Tujuan dan peran logistik dalam dunia jasa pengiriman barang. bila anda mencari jasa pengiriman barang yang aman, murah dan terpercaya maka ALK Logistik solusinya. Berpusat di Surabaya ALK Logistik telah memiliki kredibiltas dan reputasi yang baik dimata konsumen. Tak perlu khawatir, Jasa Pengiriman Surabaya, ALK Logistik sudah memiliki cabang di berbagai tempat di Indonesia. Mengutamakan kualitas, ALK Logistik selalu memberikan yang terbaik dalam pengiriman barang, baik dari segi keamanan dan pengiriman. Segera kunjungi website kami alklogistik.com