• Post category:Info

KARGO UDARA – Dengan kemajuan teknologi diseluruh bidang memunculkan berbagai kemudahan – kemudahan di kalangan masyarakat. Kemajuan teknologi ini berpengaruh pula pada perkembangan dalam jasa pengiriman barang. Dewasa ini, semakin bermacam – macam cara dan moda yang digunakan dalam pengiriman barang. Tidak jarang pengiriman bahkan menggunakan kombinasi dari berbagai moda untuk menyalurkan barang agar sampai ke tujuan. Berbagai pola pengiriman juga semakin beragam. Salah satu yang mengalami perkembangan pesat adalah kargo. Kargo seringkali diidentikan dengan container dan kapal laut. Kargo dalam pandangan orang awam adalah container yang diangkut oleh truk dan dimuat atau dibongkar di pelabuhan. Lalu, sebenarnya makna dari kargo sendiri itu apa? Apakah anggapan orang awam pada umumnya itu sesuai dengan makna sebenarnya?

kargo udara

Pengertian kargo

Kargo sebenarnya lebih mengacu kepada barang yang diangkut dalam kendaraan dengan tujuan dikomersilkan. Jadi, apapun kendaraan yang digunakan untuk mengangkut tetap dapat disebut kargo. Tapi memang sering kali container atau peti kemas digunakan sebagai trnasportasi kargo. Kargo sering digunakan sebagai alat pengangkutan barang dengan jumlah yang besar. Jika anda sering berbelanja via online, maka anda pasti pernah menggunakan pengiriman cargo. Seringkali untuk barang yang dikirim dari luar negeri menggunakan pengiriman cargo. Namun, sebenarnya cargo itu juga merupakan pengiriman antar wilayah atau antar dalam satu Negara yang sama. Jadi tidak hanya pengiriman dari luar negeri. Jika pengiriman dari luar negeri, maka disebutnya sebagai ekspor dan impor.  Pada intinya, apapun barang yang dikirim dengan alasan untuk diperjualbelikan termasuk kedalam kargo. Selain dari barang – barang pos dan bagasi. Di masa sekarang, kargo memiliki berbagai jenis, salah satunya kargo udara. Jadi, apa itu kargo udara?

Kargo udara adalah segala jenis benda yang diangkut dalam sebuah pesawat udara. Kargo udara sendiri terdiri dari pos udara, kendaraan angkut udara, dan muatan udara. Jadi, selain diangkut dengan kereta api dan kapal laut, kargo juga ada yang diangkut dengan pesawat terbang dan disebut kargo udara. Pengiriman kargo udara dapat dilakukan melalui maskapai penerbangan ataupun agen kargo. Kemasan yang dilakukan melalui udara disebut dengan pallet. Berikut ini adalah dokumen yang dibutuhkan untuk pengiriman kargo udara, yaitu:

  • Surat Muatan Udara (SMU) apabila menggunakan penerbangan domestic
  • Air Way Bill (AWB) apabila anda menggunakan penerbangan internasional

Apabila anda ingin melakukan pengiriman dengan kargo udara, anda dapat menghubungi agen kargo salah satunya adalah Jasa Pengiriman  Surabaya. Tujuan menghubungi agen kargo udara adalah agar sang agen mengurus pengiriman barang dan untuk memenuhi persyaratan pengiriman. Setelah persyaratan terpenuhi, barang akan di cek oleh pihak bea cukai. Ini dimaksudkan untuk memeriksa apakah barang tersebut layak untuk dikirim atau tidak, serta melanggar aturan bea cukai atau tidak. Lalu, rampung dari pemeriksaan, barang anda akan disimpan dalam gudang penyimpanan dan menunggu waktu kirim sesuai dengan reservasi kargo udara.

Berikut ini kami berikan informasi tentang syarat dan prosedur dalam melakukan pengiriman kargo udara, yaitu:

Mengirim Barang

Hal – hal yang harus anda perhatikan saat akan mengirim barang melalui kargo:

  1. Datang ke kantor kargo atau agen kargo dengan membawa barang anda yang ingin dikirimkan. Disana barang anda akan diperiksa dan ditimbang beratnya.
  2. Setelah tidak anda kendala pada langkah pertama, anda akan dibuatkan Air Way Bill
  3. Barang dan Air Way Bill milik anda akan dikirim ke pihak bea dan cukai untuk diperiksa kelayakkan dan ketentuan barang.
  4. Barang akan disimpan digudang penyimpanan setelah lulus pemeriksaan dari bea cukai.

Mengeluarkan Barang

Berikut proses pengeluaran barang kargo udara:

  1. Setelah barang datang dari pesawat terbang, barang akan langsung dibawa ke gudang penyimpanan. Untuk beberapa barang langsung dikeluarkan hari itu juga seperti misalnya Koran, film, berita TV, barang yang mudah rusak jika disimpan terlalu lama
  2. Surat pemberitahuan barang kiriman akan langsung dikirm menuju pihak penerima barang.
  3. Setelah mendapatkan surat tersebut, pihak penerima barang harus mendatangi kantor atau agen kargo udara untuk mendapatkan Air Way Bill nya. Air Way Bill digunakan untuk mengambil barang di kantor bea cukai untuk mengeluarkan barang dari gudang impor.
  4. Barang dari dalam gudang impor hanya dapat dikeluarkan setelah diperiksa dan mendapat persetujuan dari pihak bea cukai. Tentunya anda juga harus membayar pajak atas barang kiriman tersebut.

Demikian informasi dan beberapa petunjuk dari kami soal pengiriman menggunakan kargo udara. Sebenarnya semua moda transportasi memiliki kemampuan untuk menjadi pengangkut kargo. Yang membedakan mungkin hanya kapasitas dan kecepatan pengangkutannya saja. Tetapi jika anda mencari jasa pengiriman dengan ketepatan waktu dan keamanan barang yang terpercaya, anda dapat menghubungi Jasa Pengiriman Surabaya. Dengan jasa pengiriman Surabaya, anda dapat mengirimkan barang kemana saja tanpa khawatir barang anda akan mengalami kerusakaan saat pengiriman. Berbagai model pengiriman juga dapat anda pilih karena sudah disediakan berbagai macam pilihan oleh Jasa Pengiriman Surabya. Tunggu apalagi, segera kirimkan barang anda melalui Jasa Pengiriman Surabaya. Terpercaya dan paling cepat dan tepat. Terimakasih sudah membaca informasi diatas, semoga bermanfaat untuk anda. Have a nice day.