• Post category:Info

Seringkali kita mendengar istilah atau kata logistik dalam lingkungan sehari – hari. Biasanya kata logistik ini berkaitan dengan barang – barang atau tentang ketersediaan suatu barang dalam suatu tempat tertentu. Tidak jarang juga kita mendengar kata logistik saat ada penyaluran bantuan dimana terjadi bencana alam.

Lalu, apa itu makna sebenarnya dari logistik?

Logistik adalah serangkaian kegiatan proses manajemen yyang meliputi perencanaan, implementasi hinggga pengawasan terhadap suatu proses perpindahan suatu barang. Jadi, logistik sendiri dapat diartikan sebagai seluruhh proses perpindahan barang dari titik semula menuju titik yang selanjutnya. Setelah mengetahui arti dari logistik, berikut adalah tujuan dari logistik itu sendiri

manajemen logistik

Tujuan utama logistik adalah mengatur agar barangyang sedang dikirim sampai pada tujuan dengan kondisi yang sama saat pengiriman, serta dengan waktu dan jumlah yang tepat, tanpa kurang suatu apapun.

Dalam logistik terdapat lima komponen yang mendukung  aliran distribusi logistik , yaitu :

  • Lokasi Fasilitas

Lokasi fasilitas logistik sangat diperlukan terutama untuk perusahaan yang memiliki jaringan yang luas. Sebagai bentuk pelayanan terhadap pelanggan, maka para pemilik jaringan menyediakan fasilitas tambahan berupa gudang, pabrik, dan took.

  • Transportasi 

Transportasi berperan penting dalam aliran distribusi suatu barang. Tranposrtasi membantu mempercepat dan memperlancar aliran logistik. Dalam perancangan system logistic perlu mempertimbangkan biaya, kecepatan, dan konsistensi agar terbentuk mutu pelayanan yang baik.

  • Manajemen Pengadaan

System ini berfungsi untuk mengatur barang dan ketersediaan barang yang dimiliki perusahaan. Tujuannya adalah untuk mengatur jumlah barang yang tersedia agar sesuai dengan permintaan pasar.

  • Komunikasi 

Menjalin komunikasi antar pihak terkait dapat memberikan dampak positif pada semua pihak. Dengan saling bertukar informasi, menimbulkan kelancaran dalam aliran distribusi. Apabila terjadi komunikasi yang buruk atau terhambatnya komunikasi dapat menimbulkan berbagai masalah seperti kekurangan persediaan barang atau malah barang menumpuk didalam gudang dan dapat memunculkan ketidakstabilan system.

  • Penyimpanan 

Penyimpanan disini meliputi pergerakan barang, pengepakan, dan pengemasan. Semua aspek ini berkaitan dengan arus persediaan dan kebutuhan material.

Didalam perusahaan sendiri juga sering sekali diterapkannya manajemen logistik. Ini dilakukan agar terbantuk suatu aliran logistik yang lebih teratur dan tidak mudah terhambat hal – hal lainnya. 

Manajemen logistik sendiri memiliki artian penerapan – penerapan konsep manajemen dalam pelaksaan logistik supaya pergerakan barang dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Pelaksanaan manajemen logistik cukup sering dilakukan pada dewasa ini. Manajemen logistik termasuk kedalam supply chain management. Dari beberapa penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen logistik ialah segala pelaksanaan kegiatan yang mana berhubungan secara langsung dengan alur dan tata cara pengelolaan logistik dalam suatu perusahaan.

Dalam penerapannya pada aktivitas sebenarnya, manajemen logistik memiliki fungsi yang terkait satu dengan lainnya. Berikut ini adalah fungsi dari manajemen logistik :

  • Perencanaan dan Pemenuhan Kebutuhan

Disebut sebagai perencanaan karena kegiatan ini benar – benar memperhatikan dana dari perusahaan dalam untuk penggunaan dan pengadaan suatu produk. Selain itu, pertimbangan aspek ketersediaan dari barang serta tingkat kemudahan akses untuk mendapatkan barang yang dimaksud. Perencanaan disini dimaksud agar perusahaan mempertimbangkan segala kegiatan yang terkait dengan produk yang mana nantinya akan digunakan, lalu skala prioritasnya.

  • Penganggaran Perusahaan

Jika anda memiliki perusahaan dan ingin mengadakan suatu barang, maka anda harus mempertimbangkan besaran dana yang tersedia atau dana yang anda miliki sekarang. Jika terjadi ketidaksesuaian antara dana dan logistiknya, maka perlu adanya evaluasi dalam perencanaan.

  • Pengadaan 

Sebenarnya, manajemen logistik itu dilakukan agar dapat memaksimalkan kegiatan pengadaan dari perusahaan. Karena pengadaan sendiri merupakan suatu hal yang wajib. Seringkali diperlukan sebuah improvisasi apabila terjadi ketidaksesuaian antar dana dengan logistik yang dimaksud. Improvisasi sendiri dilakukan karena terlalu sulit untuk mengubah perencanaan, bisa karena permintaan atau karena sudah sedikitnya waktu untuk perubahan.

  • Penyimpanan dan Penyaluran Barang

Barang – barang yang sudah diadakan perlu disimpan di suatu tempat yang aman dan sesuai aturan. Barang – barang yang disimpan ini menunggu giliran untuk disalurkan pada konsumen. Dengan memperhatikan standar operasional dan prosedur yang sudah ditetapkan, barang yang disimpan akan dikirim sesuai dengan permintaan.

  • Pemeliharaan Perusahaan

Jika saat barang disimpan disebuah tempat, kita ambil contoh gudang penyimpanan, maka perlu pemeliharaan dan perawatan terhadap barang tersebut. Barang yang sudah disimpan tidak hanya dijaga, namun juga dirawat agar tidak mengalami kerusakan atau perubahan yang mempengaruhi nilainya sampai barang tersebut sampai kepada konsumen.

  • Penghapusan 

Manajemen logisitik selain berperan menentukan langkah – langkah pencegahan kerusakan barang serta apabila terjadi kerusakan, harus memperbaikinya atau bila perlu digantikan dengan produk yang baru. Hal – hal tersebut menjadi fungsi dan tanggung jawab dari manajemen logistik

Pengendalian 

Pengendalian disini adalah melaksanakan seluruh fungsi diatas dan mengawasi apakah seluruh fungsi yang sudah dijelaskan diatas berjalan dengan baik atau tidak. Tugas pengendalian sendiri ditanggung oleh seorang manajer logistik. Dengan memastikan semua tahapan dan fungsi berjalan dengan baik, diharapkan alur distribusi logistik dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Demikian sedikit penjelasan dan gambaran secara umum tentang logistik dan manajemen logistik . Secara awam memang logistik lebih bisa diartikan sebagai suatu kegiatan pengiriman dan penyimpanan barang yang sesuai dengan aturan. Jika anda memiliki perusahaan dan ingin mengirimkan logistik anda secara aman dan dapat sampai tepat waktu, maka anda dapat menghubungi kami, Jasa Pengiriman Surabaya. Jasa pengiriman Surabaya siap menyalurkan seluruh produk dan barang dari perusahaan dengan aman dan lancar. Dengan gudang penyimpanan yang baik, serta karyawan yang unggul, kami dapat melaksanakan fungsi penyimpanan dan penyaluran barang dari manajemen logistik. Kami melayani pengiriman untuk semua wilayah dengan jaringan di seluruh Indonesia.  Terimakasih telah membaca informasi diatas, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Have a nice day.