• Post category:Info

Pernah mendengan lagu ini: “Tanjung Perak, tepi laut…Siapa suka, boleh ikut….” ? Ada yang belum tau apakah Tanjung Perak itu? Bagi yang belum tahu, Tanjung Perak adalah  pelabuhan terbesar kedua di Indonesia setelah Tanjung Priok. Terletak di Surabaya, pelabuhan ini melayani perdagangan, peti kemas, penumpang, dan jasa pengiriman Surabaya dan Indonesia.

jasa pengiriman surabaya

Pelabuhan merupakan tempatnya kapal-kapal bersandar baik untuk penumpang maupun peti kemas. Sebagai negara kepulauan, wilayah Indonesia sebagian besarnya adalah perairan. Karena itu setiap sudut pulau di Indoensia memiliki pelabuhan untuk kapal-kapal tersebut untuk bersandar, termasuk Surabaya.

Surabaya seperti kita tahu adalah kota yang sangat strategis baik untuk Indonesia maupun dunia. Letaknya yang berada di tengah-tengah Indonesia menjadikannya penghubung antara Indonesia bagian barat dan timur. Sedangkan bagi Dunia, Surabaya menjadi penghubung perdagangan antara Asia dengan Australia.

Itulah sebabnya, Surabaya memiliki pelabuhan yang juga salah satu terbesar di Indonesia. Di artikel kali ini kita akan mengenal lebih dekat Pelabuhan Tanjung Perak. Diharapkan kita makin bangga dengan status kita sebagai negara maritim dan kepulauan.

Pelabuhan Sejak Zaman Kolonial

Pada zaman kolonial, di Surabaya kapal-kapal besar antar samudera membongkar dan memuat barang-barangnya di selat Madura. Barang-barang tersebut kemudian dibawa ke Jembatan Merah di jantung kota Surabaya (pelabuhan pertama saat itu) dengan tongkang dan perahu-perahu yang berada melalui sungai Kalimas.

Karena perkembangan lalu lintas perdagangan transportasi, pemerintah Surabaya kala itu merasa dermaga di Jembatan Merah itu tak lagi mencukupi. Pada tahun 1875 Ir. W. de Jongth menyusun rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Perak agar dapat memberikan pelayanan kepada kapal-kapal samudera untuk membongkar dan memuat secara langsung tanpa melalui tongkang-tongkang dan perahu-perahu.

Rencana tersebut sempat ditolak karena dirasa merupakan proyek yang sangat mahal. Namun akhirnya, karena dirasa pembangunan pelabuhan baru tersebut makin urgen, maka dimulailah pembangunan Pelabuhan Tanjung Perak pada tahun 1910.

Modernisasi Pelabuhan Tanjung Perak

Pelabuhan Tanjung Perak resmi beroperasi pada tahun 1925. Sejak itu, Pelabuhan Tanjung Perak memberikan  kontribusi besar bagi perkembangan ekonomi dan berperan penting, tidak hanya bagi perdagangan, transportasi, dan jasa pengiriman Surabaya di Jawa Timur tetapi juga bagi seluruh Kawasan Timur Indonesia.

Saat ini Tanjung Perak berkembang makin modern. Tanjung Perak punya pelabuhan termewah se-Indonesia bernama Gapura Surya Nusantara. Terdapat kapal ferry dengan rute Surabaya-Banjarmasin dan Surabaya-Makassar. Pelabuhan Tanjung Perak juga dilengkapi dengan fasilitas dermaga yang dapat melayani kapal pesiar baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pelabuhan Tanjung Perak sejak 2015 juga memiliki pelabuhan penyangga bernama Pelabuhan Teluk Lamong di Gresik. Pelabuhan ini adalah salah satu terminal pelabuhan tercanggih di dunia. Dengan keseluruhan sistem operasinya yang otomatis dan menggunakan komputer, Pelabuhan Teluk Lamong ini menjadi green port pertama di Indonesia. Direncanakan antara Pelabuhan Tanjung Perak dan Terminal Pelabuhan Teluk Lamong akan dihubungkan dengan sistem monorel petikemas pertama di dunia.

Tertarik untuk ikut menjalankan bisnis anda menggunakan jasa pengiriman Surabaya ke kota-kota lainnya via jalur laut melalui Pelabuhan Tanjung Perak? Caranya cukup bekerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman Surabaya, salah satunya ALK Logistik.

Sebagai perusahaan jasa pengiriman Surabaya yang berpusat di kota Surabaya, ALK Logistik sangat tepat mensupport bisnis anda untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia terutama dalam hal jasa pengiriman Surabaya dengan lebih efisien.

Silakan kontak untuk segera mendapatkan pelayanan profesional kami.