• Post category:Tips

Semakin berkembangnya kemajuan teknologi, hampir semua pekerjaan manusia sudah sangat dipermudah. Termasuk diantaranya adalah mengenai jasa ekspedisi atau pengiriman barang. Sekarang, sudah banyak sekali jenis ekspedisi pengiriman barang yang dapat mengantarkan barang yang hendak kamu kirim ke alamat tujuan dengan cepat, baik dan aman sesuai layanan yang kamu pilih. Kamu bisa mengirim berbagai jenis makanan, barang elektronik, obat-obatan, barang rumah tangga hingga barang pecah belah. Ada tips khusus yang bisa kamu gunakan jika ingin mengirim barang yang mudah mengalami kerusakan atau pecah saat proses pengiriman. Nah, kali ini tim ALK Logistik Surabaya akan berbagi informasi menarik seputar tips sebelum melakukan pengiriman barang. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Manfaatkan Penggunaan Buble Wrap

Jika anda membeli barang di toko online atau marcketplace, pasti anda akan seringkali mendapatkan packaging barang yang menggunakan buble wrap. Penggunaan buble wrap ini memang dinilai aman dan bisa meminimalisir potensi pecahnya suatu barang. Bagi anda yang hendak mengirim barang, anda juga bisa memanfaatkan si buble wrap ini untuk tambahan packagingnya. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko ATK atau alat tulis kantor. Harga dari buble wrap sendiri tidak begitu mahal yaitu mulai dari Rp. 3.000 saja sehingga anda tidak perlu begitu menghemat buble wrap.

Kemas Dengan Peti Kayu

Selanjutnya, untuk meningkatkan keamanan dari barang yang anda kirim, anda juga bisa memanfaatkan peti kayu. Peti kayu ini seringkali digunakan untuk pengiriman barang-barang elektronik seperti HP atau laptop. Memang, dengan menggunakan peti kayu ini barang yang anda kirim akan semakin aman. Namun, anda harus merogoh kocek yang lebih dalam karena perhitungan ekspedisi jika menggunakan peti yang cukup besar biasanya ialah dengan perhitungan volume. Sedangkan jika bentuk barangnya kecil biasanya peti kayu ini akan menambah berat pada paket dan akan menambah ongkos kirim.

Gunakan Styrofoam

Anda pasti sudah pernah mengenal Styrofoam bukan? Ya, anda bisa menggunakan Styrofoam dengan ukuran yang tepat atau pas. Anda bisa memasang Styrofoam ini di sisi-sisi peti kayu yang anda gunakan. Dengan adanya Styrofoam ini, tentu dapat meminimalisir adanya guncangan yang akan terjadi pada barang anda saat proses pengiriman. Apabila di tempat anda tidak ada Styrofoam, anda juga bisa menggunakan spons. Gunakanlah spons yang tidak mudah rusak ketika mendapatkan tekanan dari benda lainnya. Anda bisa memasang spons ini di setiap sudut si peti kayu.

Tandai Dengan Stiker dan Tanda Fragile

Setelah memberikan buble wrap, pemberian Styrofoam atau spons, serta pengemasan dengan peti kayu, anda juga diharuskan mengemasnya di box. Setelah anda mengemas dengan box tersebut, anda bisa memberikan tanda fragile di box tersebut. Biasanya tanda seperti ini bisa anda minta di layanan ekspedisi yang anda pilih. Namun, jika anda ingin memasangnya sendiri anda juga bisa melakukannya.

Pilihlah Layanan Ekspedisi Yang Terpercaya

Pengiriman barang pecah belah perlu anda perhatikan pula ekspedisi yang akan anda gunakan. Jika anda berdomisili di Surabaya, anda bisa menggunakan layanan ekspedisi ALK Logistik Surabaya. ALK Logistik adalah salah satu ekspedisi yang terpercaya serta memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam melakukan pengiriman barang. Di ALK Logistik terdapat banyak sekali pilihan layanan pengiriman mulai dari pengiriman via darat, laut hingga udara. Yuk, jangan ragu lagi untuk menggunakan layanan kami di ALK Logistik Surabaya.